Beberapa Tempat Wisata bersejarah yang ada di Bengkulu

Minggu, 07 April 20130 komentar

MAMP UNIB - Pernakah saudara sekalian mengunjungi Provinsi Bengkulu? mungkin bagi wisatawan yang pernah berkunjung kesana mengetahui beberapa tempat wisata yang bagus di Bengkulu. Nah, karena saya selaku admin MAMP UNIB merupakan warga Bengkulu, maka saya akan memberitahukan kepada pembaca semua beberapa tempat wisata Bengkulu yang memiliki nilai sejarah yang tinggi serta realistis yang kuat. Jadi penasaran ya apa saja, Yuk Kita Intip:

1. Benteng Malborough


Banteng Marlborough (Inggris:Fort Marlborough) adalah benteng peninggalan Inggris di kota Bengkulu. Benteng ini didirikan oleh East India Company (EIC) tahun 1713-1719 di bawah pimpinan gubernur Joseph Callet sebagai benteng pertahanan Inggris. Konon, benteng ini merupakan benteng terkuat Inggris di wilayah Timur setelah benteng St. George di Madras, India. Benteng ini didirikan di atas bukit buatan, menghadap ke arah kota Bengkulu dan memunggungi samudera Hindia. Benteng ini pernah dibakar oleh rakyat Bengkulu; sehingga penghuninya terpaksa mengungsi ke Madras. Mereka kemudian kembali tahun 1724 setelah diadakan perjanjian. Tahun 1793, serangan kembali dilancarkan. Pada insiden ini seorang opsir Inggris, Robert Hamilton, tewas. Dan kemudian pada tahun 1807, residen Thomas Parr juga tewas. Keduanya diperingati dengan pendirian monumen-monumen di kota Bengkulu oleh pemerintah Inggris.
Marlborough masih berfungsi sebagai benteng pertahanan hingga masa Hindia-Belanda tahun 1825-1942, Jepang tahun 1942-1945, dan pada perang kemerdekaan Indonesia. Sejak Jepang kalah hingga tahun 1948, benteng itu manjadi markas Polri. Namun, pada tahun 1949-1950, benteng Marlborough diduduki kembali oleh Belanda. Setelah Belanda pergi tahun 1950, benteng Marlborough menjadi markas TNI-AD. Hingga tahun 1977, benteng ini diserahkan kepada Depdikbud untuk dipugar dan dijadikan bangunan cagar budaya.

Bagi sobat yang sangat tertarik dengan benteng ini, saya akan membagikan sedikit info yang ada disana. Benteng ini menjadi salah satu objek wisata kebanggaan Provinsi Bengkulu, selain karena bangunannya yang bagus, benteng ini juga memiliki banyak sekali peninggalan-peninggalan bekas jajahan Inggris dan pemerintahan Hindia Belanda, bahkan Jepang pun pernah menjadikan benteng ini sebagai pertahanan mereka saat masa penjajahannya di Indonesia.
Jika dilihat dari segi mitologi, benteng ini banyak sekali mengandung mistis yang kental mulai dari suasana nya sampai pengakuan warga atau pengunjung sekitar yang pernah merasakan aura negatif di benteng ini. tidak jarang terjadi penampakan dan suara-suara gaib  di benteng ini pada malam harinya. konon, benteng ini pernah juga menjadi penjara bagi para tahanan.
Nah bagi saudara sekalian yang penasaran dengan benteng ini saya akan memperlihatkan beberapa gambar dari benteng mistis tersebut.





2. Rumah Pengasingan Bung Karno (1938-1942)


Salah satu yang tidak kalah pentingnya bangunan bersejarah yang baik untuk dikunjungi. Adalah Rumah kediaman Bung Karno, rumah yang terletak di tengah Kota Bengkulu, tepatnya di jalan Sukarno Hatta Kelurahan Anggut Atas kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu.
Tahun pendirian rumah ini tidak dapat diketahui dengan pasti, rumah tersebut semula adalah milik seorang pedagang Tionghoa yang bernama Lion Bwe Seng yang disewa oleh orang Belanda untuk menempatkan Bung Karno selama diasingkan di Bengkulu.
Hingga sekarang ciri-ciri sebagai rumah Cina masih ada, yaitu lubang angin yang terdapat di atas jendela dan pintu bermotif huruf / ungkapan dalam bahasa Cina. Bung Karno yang memiliki nama kecil Kusno setelah diasingkan ke Endeh Flires sejak tahun 1934, kemudian dipindahkan ke Bengkulu pada tahun 1938.

3. Rumah Kediaman Ibu Fatmawati


Jika sebelumnya ada rumah pengasingan Bapak Ir. Soekarno mantan presiden kita yang pertama,maka sekarang ada rumah kediaman Ibu Fatmawati yang merupakan istri presiden RI yang pertama tersebut.

Fatmawati adalah seorang wanita yang berasal dari Bengkulu, namanya menjadi harum karena beliau adalah salah seorang istri Ir. Sukarno Presiden Republik Indonesia yang pertama, yang juga ibu dari Megawati Sukarno Putri. beliau pula wanita yang menjahit dan mempersiapkan Sang Saka Bendera pusaka merah putih yang berkibar di hari proklamasi 17 Agustus 1945. Beliau menjadi istri sah Ir. Sukarno saat Ir. Sukarno diasingkan di Bengkulu Tahun 1938.
Saksi sejarah tersebut berupa sebuah rumah yang terletak di Anggut Kota Bengkulu, berjarak kira-kira 600 meter dari rumah Sukarno. Di rumah terdapat bermacam koleksi antara lain foto-foto Fatmawati, pakaian, mebel dan lain-lain.

4. Kantor Pemerintahan Gubernur Inggris Thomas Stamford Raffles


Thomas Stamford Raffles adalah Gubernur terakhir Inggris di Bengkulu sebelum akhirnya penguasaan terhadap Bengkulu di tukar oleh Pemerintah Kolonial Belanda dengan Pulau Kecil di ujung Semenanjung Malaka, ‘Singapura’. Dalam masa kekuasaannya Raffles tinggal di rumah ini yang selain digunakan sebagai tempat tinggal, juga dimanfaatkan untuk berbagai aktifitas dalam pemerintahannya.
Bangunan ‘Istana Gubenur’ ini terletak sekitar 300 meter ke arah Utara Benteng Marlborough. Diantara kedua bangunan penting ini terdapat Tugu Thomas Parr yang merupakan salah satu monumen penting baik bagi Bangsa Inggris maupun Bangsa Indonesia.
Konon cerita pada masanya terdapat terowongan bawah tanah yang menghubungkan Rumah Gubernur ini dengan sisi dalam Benteng Marlborough dengan melalui sisi bawah Tugu thomas Parr.

5. Bunga Rafflesia Arnoldi


Habitat bunga Rafflesia di Hutan Lindung Bukit Daun sangat layak diusulkan sebagai situs warisan alam dan panorama yang diakui dunia, karena rafflesia adalah bunga terbesar di dunia.Sejarah penemuan bunga rafflesia juga terjadi di hutan hujan tropis wilayah Bengkulu oleh Thomas Stamford Raffles dan Dr Joseps Arnold pada 1818.
Apalagi dari 25 spesies rafflesia, jenis Rafflesia arnoldi adalah bunga dengan diameter paling lebar mencapai 100 cm, dan beratnya hingga 10 kilogram.
Bunga ini merupakan kebanggaan Bengkulu yang menjadi corak dan ciri khas dari Provinsi Bengkulu. Oleh karena itu, kita harus selalu bangga dengan kebudayaan daerah kita.

Begitulah, beberapa tempat wisata bersejarah yang di kutip dari beberapa sumber seperti berikut:
http://id.wikipedia.org/
http://wisata.tokobunganusantara.com/bengkulu/html

Semoga informasi yang singkat ini dapat menambah wawasan kita bersama, amin. Sekian dan terima kasih.

Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MAMP UNIB - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger